Kepada segenap pembaca Blog ACI, kami informasikan bahwa acara "Ramadhan Special dari & untuk Anak Special" yg rencananya akan diselenggarakan pada 31/08 karena satu & lain hal, acara ditunda pelaksanaannya sampai batas waktu yang tidak ditetukan. Demikian harap maklum adanya

Rabu, 05 Mei 2010

Lembaga Amil Zakat YCHI PEDULI

LATAR BELAKANG
LAZ YCHI Peduli atau Lembaga Amil Zakat YCHI Peduli telah dikukuhkan oleh Pengurus Yayasan Cinta Harapan Indonesia (YCHI) sebagai sebuah lembaga yang bernaung dibawah badan hukum Yayasan Cinta Harapan Indonesia, yang bergerak dalam melakukan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah di lingkungan YCHI. dengan Surat Keputusan Pengurus YCHI Nomor : 05/YCHI-CTR/I/I/TAHUN 2010 tentang Penetapan Struktur Organisasi Lembaga Amil Zakat YCHI Peduli

Pendirian Lembaga Amil Zakat YCHI Peduli adalah dalam rangka mencapai tujuan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah yang baik dan benar dilingkungan YCHI yakni rahmatan lilummah , untuk kepentingan tersebut YCHI sudah menyusun struktur organisasi yang terdiri dari para personil yang insyaAllah amanah, kredibel, dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam yang bersifat universal.

Harapan kedepan dengan keberadaan LAZ YCHI PEDULI, Potensi dana ummat mampu tergalang bukan hanya dilingkungan YCHI akan tetapi menjangkau keseluruh pelosok negeri sehingga keberadaan LAZ YCHI PEDULI akan banyak memberikan manfaat kepada mustahik. Terutama dari kalangan anak-anak penyandang autis dari keluarga tidak mampu di Indonesia.

LANDASAN SYAR’I BERDIRINYA LAZ YCHI PEDULI :
QS At Taubah : 103 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat kamu membersihkan dan mensucikan mereka. Sesungguhnya doa kamu menjadi ketenteraman jiwa mereka. Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

QS At Taubah : 60 “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

PROGRAM LAZ YCHI PEDULI
ZIS anda akan disalurkan melalui program-program sebagai berikut :
  1. Program Terapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Program ini ditujukan untuk memberikan penanganan kepada anak berkebutuhan khusus (Autis, ADHD, Down Sindrom, Speed Delay, Boder Line dll) dari keluarga kurang mampu secara gratis.
  2. Bantuan Biaya Pendidikan. Bantuan biaya pendidikan ini disalurkan dalam bentuk pemberian beasiswa kepada ABK klien Autism Care Indonesia yang sudah mampu mengikuti pendidikan inklusi (Pendidikan Umum yang menerima Anak Berkebutuhan Khusus).
  3. Peningkatan GIZI.Peningkatan gizi diperuntukkan kepada klien YCHI yang mengalami GIZI buruk akibat kepapaan orang tua mereka, selain mengalami gangguan perkembangan banyak dari mereka juga mengalami gizi buruk.
  4. Family Care Program (FCP). FCP terdiri dari tiga sub program yaitu ; 
Medical Intervention : Program penanganan ABK dengan melibatkan tenaga medis (psikiater, dokter anak, neurolog, dan dokter rehabilitasi medic). Hal tersebut untuk mendukung proses terapi yang sudah dilakukan supaya anak mencapai tingkat perkebangan maksimal
Pendampingan Pendidikan : Program pendampingan Orang Tua ABK dalam memperoleh informasi yang benar dan mudah terkait dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi serta sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusi untuk anaknya.
Pengkaryaan Orang Tua : Program Peningkatan kesejahteraan orang tua klien Autism Care Indonesia dengan memberikan bantuan usaha untuk menambah tingkat penghasilan orang tua klien YCHI yang kebanyakan tidak memiliki akses untuk mendapatkan bantuan modal kerja.

LEGALITAS LAZ YCHI PEDULI
LAZ YCHI Peduli dalam operasinya bernaung dibawah badan hukum Yayasan Cinta Harapan Indonesia (YCHI). YCHI dengan Akta Notaris Pratiwi Handayani No 2 Tanggal 15 Mei 2009 dan NPWP No: 02.930.172.8-022.000, sudah mendapatkan SK dari Menteri Hukum & HAM No. AHU-2231AH.01.04 Tahun 2009, yang laporan keuangan yayasan untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2009. sudah di audit oleh kantor akuntan public Toni H Rathim. Dengan hasil "Laporan Keuangan Yayasan Cinta Harapan Indonesia disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, Posisi keuangan YCHI Tanggal, 31 Desember 2009 dan Laporan Aktivitas serta Arus Kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan prinsip yang berlaku umum di Indonesia".

REKENING YAYASAN
ZIS anda dapat anda salurkan melalui
  1. Rekening Kemanusiaan. Infaq & Sedekah BCA 6080316222, an. Yay Cinta Harapan Indonesia, KCP Bona Indah
  2. Rekening Zakat BSM 0040172289, an. Yys Cinta Harapan Indonesia, Cabang Jakarta Pondok Indah

STRUKTUR PENGURUS LAZ YCHI PEDULI

Badan Pembina
Ketua : Ketua Pembina Yayasan Cinta Harapan Indonesia
Anggota : Segenap Pengurus Yayasan Cinta Harapan Indonesia

Badan Pertimbangan
Ketua : Prof. Dr. Amin Suma, MA
Anggota : Abustan Indris

Badan Pengawas
Ketua : Soma Ariyaka
Anggota : Nila Susanti

Badan Pelaksana
Ketua : Mustain
Sekertaris : Vanny Rahmah Suharni
Bendahara : Samsul Bachri Djadi
Penghimpunan : Fauzan Safari
Pendayagunaan : Anggreni Larasati

ALAMAT KANTOR LAZ YCHI PEDULI
Alamat : Jl. H. Saikin No. 2 RT. 014/RW. 08, Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Hotline (021) 75816178, 93724536
Fax. : (021) 75816178
website : www.ychicenter.org
e-mail : klinik@ychicenter.org
ychicenter@gmail.com

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger