Kepada segenap pembaca Blog ACI, kami informasikan bahwa acara "Ramadhan Special dari & untuk Anak Special" yg rencananya akan diselenggarakan pada 31/08 karena satu & lain hal, acara ditunda pelaksanaannya sampai batas waktu yang tidak ditetukan. Demikian harap maklum adanya

Rabu, 19 Mei 2010

Kabupaten Semarang Rintis Empat Sekolah Inklusif

Ungaran, CyberNews. Empat sekolah di Kabupaten Semarang tengah mempersiapkan diri menjadi rintisan sekolah inklusif. Berdasarkan Permendiknas nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif, keempatnya mungkinkan menjadi sekolah inklusif pada tahun ajaran 2010/2011.

Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang Ari Susilo menyatakan saat ini keempat sekolah yang terdiri atas dua SD dan SMP mendata jumlah murid untuk didaftarkan sebagai peserta didik program tersebut. “Sekolah yang menjadi rintisan sekolah inklusif yaitu SD Bonomerto 02, SD Klero 02, SMPN 1 Tuntang, dan SMPN1 Bringin. Setelah semua murid istimewa di sekolahnya didata, proposal akan kami kirimkan ke Provinsi,” katanya, Selasa (18/5).

 
Lebih lanjut dikatakan, keempat sekolah sejak awal memiliki siswa yang bisa dikategorikan dalam siswa sekolah inklusif, misalnya di SMPN 1 Tuntang terdapat 28 siswa sementara di SMPN 1 Bringin ada 40-an. Diterangkan, kategori peserta didik dalam sekolah itu di antaranya anak yang tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunagrahita, tunadaksa, berkesulitan belajar, lamban belajar, autis, tuna ganda, korban penyalahgunaan narkoba, dan kelainan lainnya.

Dalam penyelenggaraannya, akan dipertimbangkan prinsip-prinsip pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik belajar peserta didik. Dalam realisasinya, Pemkab akan menjamin tersedianya sumber daya pendidikan inklusif pada satuan pendidikan yang ditunjuk.

Dengan adanya sekolah inklusif, diharapkan semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial atau memiliki kecerdasan atau bakat istimewa memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

( Rima Mayasari /CN14 ). Ref. suaramerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger